senobanyu dental picnic

Jadi Banyu nih waktu di usia belasan bulan pernah jatuh kepleset dagunya, ada gigi seri yang bocel dikit. Dan ada gigi yang rada kecoklatan,. hiks sedihnyaaaa ibu :’( memang sih ini semua gigi susu yang akan tergantikan menjadi gigi tetap, tapi kan masih lama banget. Usia 6-7 tahun baru akan muncul gigi permanen-nya, sekarang baru juga 2 tahun umurnya. Kasiannya anakku kalau masa kecilnya giginya gigis, hitam-hitam, ompong… aaaaakkkk. Bayanginnya aja ibu pengen nangis.

Entah kami adalah orangtua terlalu melankolis atau gimana, tapi kalau banyu lagi tidur terus kami lihat giginya yg potek dan garis coklat itu, Ibu & Romo nya banyu bisa langsung berpelukan : "huhuhu gimana ini gigi anak kita kasian banget". And seriously, i can't live with that.. we need to do something, eventually.

Pada suatu hari, Dzaky Tambunan konco kenthel nya Banyu katanya ke drg, trs voilaaa pulang-pulang giginya ky artis. Tak bercela. Yaampun terharu aku melihat transformasi Dzaky. Jadi kepengen juga nyoba buat Banyu, sebelum semua menjadi semakin-semakin terlambat. Lalu kukorek lah informasi klinik gigi tersebut, dan tanya sana sini mengenai possibilities adanya drg dan klinik gigi serupa di Bogor. Jauh bok dari Desa Palasari, Kecamatan Cijeruk ke Tebet, DKI Jakarta.

Karena keyakinanku perawatan gigi will surely cost a lot of money, aku maju mundur shantyik selama ini, ga berani, takut syok pas bagian bayar.. sampai kemarin udah di tahap berserah diri kepada Allah swt, mudah-mudahan dikucurkan rejeki dari langit karena gigi ni anak gak bakal bener dengan sendirinya, kecuali dia punya karomah tersendiri (yang kyny mah nggak yah).

Mungkin di Bogor ada banyak drg Spesialis, cm reviewnya belum sampai aja ke aku. Mungkin pergaulanku kurang luas..sorilah, nak.  Akhirnya kutempuh lah perjalanan, berikhtiar untuk kesehatan gigi anakku, pengennya ketemu drg yang bisa menyelesaikan beban moriil ku dalam 1 kali pertemuan, ga perlu bolak balik.

Kliniknya ya rapih, tapi ya ngono ae.. bukan yang lux mevvah gimana gt. Kemarin udah appointment jam 11 sama drg. Ratna Permatasari, we really appreciate they treat us on time.

Yang saya suka dari drg Ratna, beliau sangat informatif, dan bersedia meladeni semua pertanyaan yang kalau saya bukukan, bisa deh kali saya bikin buku FAQ berdasarkan ping-pong chat kami. Daaaan, selain informatif, drg. Ratna skillfull bangeeet. I know a good doctor when i met one. Gigi banyu yang kukira cuma 2 yang bermasalah, turns out ada lagi yang mending sekalian kita selesaikan sekarang. Okelah, sebagai pasien yang tau diri, kupercayakan dompetku pada dokterku, yang pasti akan melakukan yang terbaik yang dibutuhkan. Bismillah ya, noba.

Saat pemeriksaan awal, hitung gigi, sikat sikat, Banyu kooperatif banget, mau buka mulut. Cuma pas ngebor kan itu semua alat tajam, we need to make sure the kid won't performed any sudden movement, maka perlu dipegangin, dan ada yg dibius takut kena akar nanti bakal ngilu banget.

Plus nya lagi, gak perlu bawa keluarga sekampung buat megangin, karena klinik ini provide bodyguard (bukan deeeng). Pokonya ada 3 orang yang megangin, dan ada 1 asisten yang bantuin drg. Ibu bagian memeluk Banyu sambil nonton TV di langit2, kalo Banyu mah g peduli itu TV nyetel apa, ga mempan pengalihan itu buat dia, krn dia fokus di perlawanan, dan berusaha teriak 'jangan pegang akuuuuu' tapi ga bisa karena mulutnya di ganjel. Sokooor.

Drg Ratna ngerjain giginya sebentar banget, kurang lebih 15-20 menitan laaaah. Ibunya Banyu itu yg konsul sebelum tindakan setengah jam kali ya, abis tindakan masih bawel juga mungkin setengah jam lagi, sampe banyu kepalanya berayun alias keturon.

Jadinya banyu dapat treatment 2 pulpotomi, dan 4 tumpatan GIC. Pokoknya ibu baru boleh pulang setelah nyetor 1.926.000 ke klinik tsb. Huwoooooow, itu honor berapa jam ibu nyerocos di poli laktasi naaak.

Admin pasien baru : 40.000
Pulpotomi 2 × 385.000 = 770.000
Tumpatan GIC 4 × 275.000 = 1.100.000
Sikat gigi : 16.000

Total 1.926.000

Apakah ibu trauma? Hmmm..
Apakah banyu trauma? Enggak tuh. Dia hanya lelah demonstrasi tak dihiraukan, abis itu dia ketiduran. Bangun tidur langsung makan banyak, langsung senyum manis, langsung ceria. Dia inget tadi ke drg, tante dokter baik, banyu nangis, and so on.. tapi dia happy aja.


Berjam-jam setelahnya, deep inside i feel sad. I feel sorry to put Banyu in a such annoying circumstances he need to go thru it all bcz of my negligance.



Yang penasaran, coba aja appointment ke The Smile Centre
Rukan Royal Palace Blok B no. 8
Jl. Prof Dr Soepomo, 178 A, 12810. JAKSEL.
021 8322225 , 021 8312199

Jikalau ada yang dekat, ya gak perlu jauh-jauh. Pokoknya selesaikan masalah gigi anak kita mulai dr lubang pertama deh jgn tunda2 😅


Comments

Popular Posts