Stop baby sleep problems before they start

Your baby can have all the sleep they need, but you’re still in charge to set the sched.

Setelah memiliki anak, baru terasa ya betapa nikmatnya dulu bisa tidur sampai 8 jam tanpa interupsi, ya kalau saya mungkin sebelum masuk FK deh bisa tidur segitu lama. Hehe. Tapi pokoknya setelah ada anak pasti ada aja ya kebangunnya malam hari, seorang teman bilang sampai saat ini anaknya hampir 2th dia belum pernah tidur full sampai pagi.

“People who say they sleep like a baby usually don’t have one.” – Leo J. Burke.

Kalau di keluarga kecil kami, kami membiasakan hal-hal sesuai kemampuan kami. Karena kami hanya bertiga dirumah, we realise that we don’t have all the energy in the world untuk selalu menggendong anak kemana-mana sampai tertidur, atau begadang semalam suntuk nemenin anak melek ngoceh-ngoceh. Semua harus berjalan senormal mungkin dan senyaman mungkin untuk kami bertiga.

Mungkin bisa dibilang setelah banyu usia dua minggu, tidur kami sudah hampir selalu normal kembali. Banyu maksimal tidur di waktu isya, dan bangun kembali jelang subuh. Beberapa kali terbangun malam hanya untuk nenen, tidak untuk main, tidak untuk digendong.

Sejak tiba di rumah sepulangnya dr RS, kami sudah bisikkan bahwa malam adalah waktunya tidur, siang waktunya main. Suasanakan waktu tidur dengan ruangan gelap, terutama malam hari -lampu harus mati. saat newborn, jika terbangun menangis, banyu hanya dipeluk-peluk dipangku disayang-sayang sampai tenang. Kebetulan (yang disengaja  ) juga banyu belum pernah pakai popok kain.. jadi malam hari ganti pospak biasanya kalau sudah penuh atau hanya jika pup.

Sekarang banyu sudah bisa nenen sambil tiduran, jadi lebih santai lagi untuk kami.. hehe. Malam nenen sambil sama-sama tidur. Yeeeaaayy, that's the glory of breastfeeding. Capek, tapi tidak sampai exhausted.

Siang hari banyu biasanya terjaga selama kurang lebih dua sampai tiga jam, dalam rentang waktu tersebut biasanya diisi dengan main, sight seeing, ngobrol, makan, dsb sesuai usia. Anything but flat screen. I never soothed my baby with tv or gadget. Sesudah dua jam bermain, biasanya saya ajak bobo.. usahakan menidurkan bayi sebelum cranky; believe me it’s so much easier. Tidurkan bayi dengan bahagia agar dia terbangun dengan ceria.

Sekarang senobanyu hampir tampak seperti memiliki pola tidurnya sendiri, jika sudah lelah terjaga.. maka dia akan tertidur, meski sedang diluar rumah.

Pun setelah disapih di usia 2th 5 hari, beliau berhasil tidur sepanjang malam, tanpa terbangun sampai subuh. Tanpa susu.

Semoga kita semua bisa menjadi orang tua yang paling memahami anak-anak yang Tuhan titipkan pada kita.

wassalamu ‘alaykum warrahmatullahi wabarakatuh

-Reposting from my https://serioustory.wordpress.com/2015/08/07/stop-baby-sleep-problems-before-they-start/

Comments

Popular Posts